Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat, menetapkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati menjadi peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di daerah tersebut.

Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu di Manokwari, Minggu, menyatakan kedua pasangan calon tersebut adalah Hermus Indou-Mugiyono (HERO) dan Bernard Boneftar-Eddy Waluyo (BERBUDI).

"KPU menetapkan kedua pasangan calon tersebut telah memenuhi syarat sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari tahun 2024," kata Christine usai menggelar rapat pleno tertutup penetapan pasangan calon Pilkada di Kantor KPU Manokwari, Minggu.

KPU Manokwari telah melakukan tahapan penelitian persyaratan administrasi pada kedua pasangan calon dan keduanya sudah dinyatakan lengkap.

Pasangan calon HERO diusung 12 partai politik yaitu PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, PKS, PAN, PPP, PSI, Partai Demokrat, dan Partai Perindo dengan jumlah perolehan suara sah Pemilu 2024 sebanyak 104.304 suara.

Sedangkan pasangan calon BERBUDI diusung lima partai politik yaitu Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Umat, PKN, dan Partai Garuda dengan jumlah perolehan suara sah Pemilu 2024 sebanyak 14.501 suara.

Penetapan kedua pasangan calon tersebut ditetapkan KPU Manokwari melalui Surat Keputusan nomor 939 tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari.

"Untuk selanjutnya kedua pasangan calon tersebut bisa mengikuti pengundian nomor urut pasangan calon pada tanggal 23 September 2024 di Kantor KPU Manokwari," katanya.

Setelah pengundian nomor urut, kata dia, KPU akan melakukan deklarasi kampanye damai di Kantor KPU Manokwari tanggal 24 September 2024.

Selanjutnya, pasangan calon dan tim pemenangan dapat melakukan kampanye selama 60 hari dari tanggal 25 September hingga 23 November 2024.

"Nanti 24-26 November sudah hari tenang kemudian pada hari Rabu tanggal 27 November itu adalah hari pemungutan suara," katanya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024