Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat meresmikan dua gedung puskesmas di wilayah kepulauan dan pesisir pantai di wilayah itu guna menunjang pelayanan kesehatan yang lebih maksimal kepada warga.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor di Wasior, Selasa, mengatakan dua puskesmas yang diresmikan itu yakni Puskesmas Sabubar yang berada di Distrik Wamesa dan Puskesmas Yembekieri yang berada di Distrik Rumberpon.

"Puskesmas ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada seluruh masyarakat di Sabubar dan seluruh Distrik Wamesa. Kehadiran Puskesmas ini diharapkan bisa memberikan manfaat pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Hendrik Mambor.

Bupati berharap adanya gedung puskesmas yang megah dengan peralatan modern dan canggih dapat menghadirkan layanan kesehatan yang cepat, tepat dan berkualitas bagi masyarakat baik di perkotaan maupun di kampung-kampung terpencil dan terluar di Kabupaten Teluk Wondama.

"Saya minta petugas medis memberikan pelayanan medis yang lebih baik kepada masyarakat di Distrik Wamesa dan Distrik Rumberpon, juga di wilayah-wilayah sekitar," kata orang nomor satu di Pemkab Teluk Wondama itu yang didampingi Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.
Gedung Puskesmas Sabubar di Distrik Wamesa, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dibangun dengan dana bantuan dari Kementerian Kesehatan RI. (ANTARA/HO-Zack Tonu B)


Gedung Puskesmas Sabubar dan Puskesmas Yembekiri merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI.

Puskesmas Sabubar sudah beroperasi sejak dua tahun dan telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat Utama.

"Gedung dan model pelayanan yang ada di Puskesmas Sabubar sama dengan yang ada di tempat-tempat lain seperti di Pulau Jawa. Hanya obatnya yang berbeda sedikit tetapi pelayanan yang diberikan itu sama. Itu tandanya gedung dan pelayanan puskesmas ini hampir paripurna," jelas Kepala Dinas Kesehatan Teluk Wondama dr Habel Pandelaki.

Sementara Gedung Puskesmas Yembekiri dibangun tahun 2023 dan merupakan revitalisasi dari gedung lama yang dibangun Pemkab Teluk Wondama.

Peralatan kesehatan di puskesmas ini cukup lengkap, namun masih terdapat beberapa peralatan lain yang sedang dalam pengiriman menggunakan kapal laut.
 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024