Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya memberikan pembekalan kepada para guru di seluruh satuan pendidikan melalui sosialisasi dan simulasi sebagai persiapan menjelang mengikuti ujian kompetensi.
 
Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kabupaten Sorong, Jonathan Simaela, di Sorong, Selasa, menjelaskan guru-guru tersebut mengikuti uji kompetensi untuk jabatan fungsional guru yang hendak pindah jenjang dan naik pangkat.

"Sehingga kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong mempersiapkan mereka untuk bisa mengikuti uji kompetensi dengan baik," jelas dia.
 
Pindah jenjang jabatan para guru setelah melalui uji kompetensi mulai dari guru pertama ke guru muda, atau guru muda ke guru madya, dan guru madya ke guru utama.
 
Kegiatan pembekalan ini dilakukan selama dua hari pada 9-10 September, diikuti 100 guru dari tingkat pendidikan TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK.
 
"Harapannya guru-guru yang nantinya ikut uji kompetensi sudah lebih siap dan lulus nanti," harap dia.
 
Dia mengatakan, para guru ini akan mengikuti uji kompetensi tahap ketiga yang direncanakan pada Oktober 2024. Uji kompetensi digelar dengan computer assessement test (CAT).

"Materi yang diberikan sebagai persiapan itu menyangkut dokumen kepegawaian yang wajib dicermati dan dipelajari secara baik oleh setiap guru," beber dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024