Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Papua Barat menyatakan pencalonan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Manokwari Hermus Indou dan H. Mugiyono (HERO) telah lengkap dan memenuhi syarat.

Ketua KPU Manokwari Christine R Rumkabu di Manokwari, Kamis, mengatakan paslon HERO diusung 13 partai politik (parpol) pemenang pemilu dengan total suara sah sebanyak 110.245 suara dari 120.195 suara sah di Kabupaten Manokwari.

"Seluruh dokumen syarat dukungan dari parpol sudah diverifikasi KPU melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dengan pengawasan Bawaslu yang disaksikan semua pihak bahwa seluruh dokumen ada dan lengkap," kata Christine.

Ia mengatakan, 13 parpol yang mengusung pasangan HERO adalah PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Partai Buruh, PKS, Hanura, PAN, Demokrat, PSI, Perindo dan PPP.

Pendaftaran pasangan HERO dilakukan pada jadwal tahapan pendaftaran di hari terakhir 29 Agustus 2024. KPU akan membuka pendaftaran hingga pukul 23.59 WIT.

KPU Manokwari telah melakukan verifikasi berdasarkan dokumen syarat pencalonan seperti B1 KWK dari parpol. KPU juga melakukan verifikasi terhadap ketua dan sekretaris parpol pimpinan kabupaten.

Penerimaan pendaftaran pasangan calon HERO dimuat dalam berita acara KPU Manokwari nomor 146/PL.02.1/BA/9202/2/2024.

"Setelah tahapan verifikasi terhadap dokumen yang sudah dipastikan valid dan sah yang diterima KPU, selanjutnya KPU Manokwari memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan," katanya.

Pemeriksaan kesehatan pasangan calon direkomendasikan ke Rumah Sakit Provinsi Papua Barat yang dilaksanakan dari 30 Agustus sampai 2 September 2024.

Ia memberikan apresiasi pada semua pihak yang telah mengawal seluruh tahapan Pilkada 2024 hingga proses pendaftaran calon pasangan terutama TNI-Polri sehingga dapat berjalan dengan aman dan damai.

Pada kesempatan itu calon Bupati Manokwari Hermus Indou berterima kasih telah menerima pendaftaran pihaknya dan memproses seluruh dokumen pendaftaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami siap mengikuti seluruh tahapan Pilkada 2024 yang telah ditetapkan KPU sehingga dapat berjalan dengan aman dan damai," ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024