Perum Bulog Cabang Manokwari, Papua Barat mulai menyalurkan bantuan pangan tahap III kepada keluarga penerima manfaat (KPM) pada lima kabupaten di Provinsi Papua Barat.  

Kepala Perum Bulog Manokwari Armin Bandjar di Manokwari, Selasa, mengatakan alokasi bantuan pangan tahap III berjumlah 495.440 kilogram per bulan untuk 49.544 KPM.  

"Kita sedang sementara salurkan untuk Kabupaten Manokwari dengan alokasi 209.690 kilogram atau 20.969 PKM," kata Armin.  

Ia mengatakan, bantuan pangan tahap III berbeda dengan dua tahap sebelumnya karena tidak diberikan setiap bulan. Bantuan pangan tahap III diberikan untuk bulan Agustus, Oktober dan Desember.   

Sedangkan jumlah penerima untuk tahap III juga mengalami penurunan. Jika sebelumnya alokasi bantuan pangan sebesar 533.620 kilogram per bulan, saat ini hanya 495.440 kilogram per bulan.  

Penurunan jumlah alokasi bantuan pangan berdasarkan data penerima yang diterima oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas).  

"Lima kabupaten yang jadi tugas kita adalah Kabupaten Manokwari, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan (Mansel), Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama. Semua mengalami penurunan alokasi kecuali Kabupaten Mansel yang justru meningkat dari 54.960 kilogram menjadi 64.780 kilogram per bulan," ujarnya.  

Ia mengatakan, distributor untuk penyaluran bantuan pangan tahap III juga berbeda seperti sebelumnya. Jika sebelumnya PT Yasa Artha Trimanunggul (YAT) saat ini distribusi ditangani PT. Banda Ghara Reksa (BGR).  

Dalam penyaluran bantuan pangan pihaknya mendahulukan daerah-daerah yang mudah terjangkau dan dapat ditempuh melalui jalur darat. Sedangkan penyaluran ke Kabupaten Teluk Wondama harus menunggu jadwal kapal.  

"Dari pemerintah pusat, maunya akhir Agustus selesai, tapi kemungkinan wilayah timur tidak bisa karena harus menyesuaikan transportasi dan kondisi alam juga," ujarnya.  

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024