Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Yohanis Kapiyau Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah Letkol Pnb Kamto Adi Saputra mengatakan bahwa latihan pertahanan pangkalan membentuk naluri tempur prajurit pada satuan tersebut.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Kamto Adi Saputra dalam keterangan tertulis yang diterima di Timika, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya menggelar latihan pertahanan pangkalan semester 1 tahun 2024.

"Latihan ini berlangsung di seputaran Lanud Yohanis Kapiyau Timika serta batas wilayah Bandara Mozes Kilangin Timika dengan masyarakat," katanya.

Menurut Danlanud, pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Dansathanlan Lanud Yohanis Kapiyau Lettu Sus J. Kloter Wanimbo dan diikuti oleh personel setempat.

"Latihan kali ini dipadukan dengan pengamanan aset wilayah Lanud Yohanis Kapiyau Timika dengan menyusuri batas wilayah, dengan patroli berjalan kaki," ujarnya.

Dia menjelaskan latihan ini dilaksanakan dengan patroli berjalan kaki, kemudian diselingi juga teknik tempur dasar.

"Melalui latihan ini, personel Lanud Yohanis Kapiyau Timika tidak hanya dilatih secara fasih, tetapi juga dituntut untuk berpikir cepat dan taktis dalam menghadapi berbagai situasi," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengharapkan setiap personel memiliki naluri tempur yang tajam serta mampu bekerja sama dalam tim, untuk menjaga keamanan pangkalan.

"Melalui latihan ini, personil tidak hanya dilatih secara fasih tetapi juga dituntut berfikir cepat dan taktis dalam menghadapi sebuah situasi tertentu," ujarnya lagi.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024