Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Papua Tengah menyatakan bahwa pendidikan karakter menjadi poin penting dalam proses mendidik generasi muda asal daerah ini.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Akademik Komunitas Piet Hendrik Nawipa di Timika, Jumat, mengatakan bahwa membentuk generasi berkarakter menjadi bagian terpenting yang tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar.

"Karakter anak-anak Papua harus dibentuk sejak dini, agar menjadi generasi yang berkarakter serta siap menghadapi tantangan zaman," katanya.

Menurut Piet, untuk dapat membentuk generasi Papua yang berwawasan luas dan intelektual tinggi, pertama-tama yang harus dibentuk adalah karakter.

"Pendidik karakter ini penting sekali, dengan tujuan agar mereka menjadi anak-anak yang optimistis, dapat menyesuaikan diri pada lingkungan baru dan pantang menyerah ketika mendapat kesulitan," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa ada tiga poin penting yang perlu di terapkan dalam mempersiapkan generasi Papua unggul, yakni pendidikan karakter, keterampilan hidup, dan pengetahuan.

"Dari ketiga poin ini yang paling utama yakni pendidikan karakter, karena dengan memiliki karakter yang kuat maka anak-anak Papua memiliki motivasi yang jelas dalam meraih cita-citanya," katanya lagi.

Dia menambahkan Disdikbud Papua Tengah pada 2024 mengirimkan 98 anak asal daerah ini untuk mengikuti pendidikan di Pulau Jawa, melalui program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM).

"Jadi 98 anak-anak ini kami bina karakternya sebelum dilepaskan untuk melanjutkan pendidikan di enam provinsi di Pulau Jawa," ujarnya lagi.
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024