Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat memberikan beasiswa kepada 90 siswa orang asli Papua (OAP) melalui program Papua Bangga pada tahun 2024 ini .

Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Luksen Jems Mayor di Manokwari Kamis mengatakan, sebanyak 90 siswa tingkat SMA/SMK tersebut akan menempuh pendidikan lanjutan di lima institut keagamaan Kristen.

"Beasiswa ini diperuntukkan untuk siswa berprestasi dari Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya. Tahun ini kita siap kirim 90 orang lagi," katanya.

Ia menjelaskan, lima institut agama kristen tersebut berada di Toraja (Sulaewsi Selatan), Manado (Sulawesi Utara), Ambon (Maluku), Samarinda (Kalimantan Timur), dan Kupang (NTT).

Melalui program Papua Bangga, Kemenag Papua Barat sudah memberikan beasiswa total kepada 500 orang. Bahkan tahun ini, angkatan pertama program Papua Bangga sejak 2019 itu akan menjalani wisuda.

Program Papua Bangga merupakan program untuk membantu putra putri Papua agar bisa mendapatkan beasiswa penuh mewujudkan mimpi dan cita-cita, serta bisa membantu orang tua yang kurang mampu.

“Tahun ini masih berlanjut, tapi untuk tahun depan kita akan membuat kebijakan baru lagi dalam proses seleksi dan penerimaan. Keberlanjutan program akan menunggu pembahasan lebih lanjut untuk jangka menengah dan jangka panjang,” ujarnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024