Kepolisian resor (Polres) Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, menerjunkan 79 personel untuk pengamanan shalat Idul Adha 1445 Hijriah di wilayah itu.

Kapolres Sorsel, AKBP Gleen Rooi Molle, di Teminabuan, Sabtu, mengatakan dari 79 anggota kepolisian tersebut, tiga personel di antaranya pejabat utama Polres Sorsel.

Ia menyebutkan para personel tersebut  disebar ke  sembilan lokasi pengamanan, di antaranya Masjid Darul Iman Kajase, Masjid Arrahman, Masjid Jabal Nur, Masjid Darul Ulum Keyen, dan Masjid Mukmin Monmok.

Selain itu juga pengamanan dilakukan di Masjid Alikwan SP 1 Moswaren, Masjid Sohibul Muhtadin SP 2 Moswaren, Masjid Nurul Awal Inawatan, dan lapangan Kampung Tarof.

Ia mengajak masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) selama pelaksanaan shalat Idul Adha yang akan berlangsung pada Senin (17/6).

"Kami mengajak masyarakat Sorsel agar tetap menjaga kondusivitas dan saling menghargai saat umat Islam merayakan Idul Adha," ujar Glenn.

Selain itu, dia juga meminta agar tetap menjaga toleransi antarumat beragama yang telah dijalin baik selama ini.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sorsel, Muhammad Rifai Rumalean, mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha akan berlangsung di masjid masing -masing, namun tidak melarang bila ada yang melaksanakan di lapangan.

"Kita sudah memfasilitasi pertemuan dan memutuskan untuk pelaksanaan sholat Idul Adha berlangsung di Masjid masing -masing karena ada pertimbangan tertentu," kata Rumalean.

Ia mengatakan salah satu pertimbangan di antaranya jika shalat Idul Adha dilaksanakan di lapangan karena tidak adanya tempat wudhu, dan pengaruh cuaca.

"Jika pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid maka sudah tersedia tempat wudhu, dan bila terjadi hujan sholat Idul Adha tidak terganggu," kata Rumalean.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024