Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, berkomitmen untuk melaksanakan semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan menjunjung tinggi integritas dan transparansi.

Ketua KPU Kabupaten Sorsel, Yonece Kambu, di Teminabuan, Senin, mengatakan Pilkada merupakan wujud nyata dari kedaulatan rakyat, di mana setiap suara memiliki arti dan peran dalam menentukan pemimpin menuju kemajuan dan kesejahteraan.

"Sebagai Ketua KPU Kabupaten Sorsel, saya ingin menekankan beberapa poin penting yang menjadi perhatian kita
bersama dalam menyukseskan Pilkada ini, di antaranya Integritas dan transparansi. Kami berkomitmen untuk melaksanakan setiap tahapan Pilkada dengan menjunjung tinggi integritas dan transparansi," kata Yonece.

Ia menegaskan, setiap proses akan dilakukan secara terbuka dan akuntabel, sehingga masyarakat dapat melihat dan menilai bahwa pemilu yang dilaksanakan berjalan dengan jujur dan adil.

"Partisipasi aktif masyarakat menentukan kesuksesan Pilkada. Tidak hanya bergantung pada kinerja KPU dan penyelenggara pemilu, tetapi juga partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Kami mengajak seluruh warga Kabupaten Sorsel untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan ikut serta mengawasi jalannya Pilkada," kata Yonece berharap.

Ia melanjutkan, sinergitas dan kerja sama yang baik dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, Bawaslu, aparat keamanan, partai politik, serta media
massa.

"Bersama-sama, kita harus memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan sesuai aturan yang berlaku," kata Yonece.

Pendidikan pemilih, kata dia, menjadi salah satu fokus utama dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mereka memahami pentingnya Pilkada, mengenal calon-calon pemimpin mereka, dan mengetahui cara memberikan suara yang benar.

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah dan seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab kita dengan sebaik-baiknya," urai Yonece.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024