Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya mengganti 35 orang panitia pengawas distrik (Panwasdis) pada pemilu lalu untuk bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 pada November mendatang.

Ketua Bawaslu Maybrat Isai Asmuruf di Kumurkek, Selasa, mengatakan dari 72 anggota Panwasdis yang dilantik pada Senin (27/5), 35 orang diantaranya merupakan hasil seleksi yang baru dilakukan beberapa waktu lalu. Sementara sisanya sebanyak 37 orang merupakan anggota Panwasdis yang bertugas saat pemilu legislatif dan pilpres bulan Februari lalu.

"Kami sudah mengingatkan mereka untuk bekerja keras mengingat proses pilkada nanti pasti lebih berat, apalagi menghadapi medan geografis yang cukup sulit dan kondisi keamanan yang belum sepenuhnya kondusif," kata Asmuruf.

Menurut dia, Panwasdis harus benar-benar dapat melaksanakan tugas mengawasi jalannya tahapan pilkada secara baik di seluruh distrik (kecamatan) dan kampung (desa) di wilayah Kabupaten Maybrat.

"Harus menunjukan kinerja yang baik agar proses pilkada tahun ini bisa berjalan jauh lebih baik dari penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya," ujarnya.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, kata Asmuruf, pesta demokrasi di wilayah itu selalu diwarnai sengketa yang berujung di sidang Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Namun pada perhelatan pemilu legislatif dan pilpres beberapa waktu lalu, hasil pemilu di Kabupaten Maybrat bisa diterima oleh semua pihak lantaran tidak ada yang dibawa ke MK.

"Itu berarti kinerja penyelenggara cukup bagus sehingga pemilu berjalan sesuai dengan harapan kita semua," ujarnya.

Bawaslu Maybrat terus melakukan koordinasi dengan sinergisitas dengan berbagai pemangku kepentingan mulai dari KPU, pemerintah daerah, dan TNI-Polri agar penyelenggaraan pilkada tahun ini bisa berjalan lancar, aman dan demokratis di daerah yang terkenal rawan konflik akibat gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
 
Dari total 72 anggota Panwasdis dilantik, satu orang mengundurkan diri yaitu dari Distrik Aifat Timur Selatan.

Kabupaten Maybrat sendiri mencakup 24 distrik. Terdapat tiga distrik yang anggota Panwasdis-nya masih dijabat oleh Panwasdis yang bertugas saat pemilu legislatif dan pilpres yakni Distrik Ayamaru Barat di Soroan, Aitinyo Raya dan Aifat Timur Tengah.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024