Perum Bulog Cabang Manokwari mengawali menyalurkan bantuan pangan (banpang) tahap II dimulai dari Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Kepala Perum Bulog Cabang Manokwari Armin Bandjar di Manokwari, Sabtu, mengatakan banpang tahap II tersebut dimulai dari Distrik Manokwari Barat dan Manokwari Selatan.

"Alokasi untuk Kabupaten Manokwari sebesar 221.150 kg atau untuk 22.115 keluarga penerima manfaat (KPM)," katanya.

Ia menjelaskan, target penyaluran banpang untuk Bulog Manokwari tahap II sama dengan tahap I yaitu 1.719 ton beras.

Penyaluran tersebut untuk enam kabupaten yaitu Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Tambrauw di Provinsi Papua Barat Daya.

Namun, khusus Kabupaten Tambrauw hanya untuk 14 distrik yang ada diperbatasan dengan Provinsi Papua Barat dengan target penyaluran 119 ton beras Banpang.

"Untuk penyaluran banpang se Kantor Wilayah Papua baru tiga kantor cabang yang salurkan yaitu Jayapura, Serui dan Manokwari," katanya.

Ia menambahkan, penyaluran bantuan pangan tahap II distribusi dilakukan PT. Yasa Artha Trimanunggul (YAT).

Ia menjelaskan, bantuan pangan berupa beras tersebut merupakan salah satu instrumen pemerintah sebagai upaya untuk stabilisasi harga beras di pasaran.

Banpang tahap II tersebut untuk tiga bulan yaitu April, Mei, Juni 2024. Masyarakat yang menjadi KPM mendapatkan bantuan 10 kg beras dari cadangan beras pemerintah (CBP).

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024