Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) memastikan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah itu berjalan aman dan lancar.

Penjabat (Pj) Bupati Sorong Edison Siagian di Sorong, Minggu, menjelaskan tujuan dari Forkopimda itu adalah memastikan kenyamanan, keamanan dan kelancaran dari stabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

"Jadi itu tujuan dari hadirnya Forkopimda ini, bagaimana kita memastikan itu maka kita perlu rapat koordinasi, mendengarkan dari berbagai pihak kemudian diikuti dengan upaya konkret untuk mendukung kondisi itu," jelasnya.

Berkaitan dengan itu, Pj Bupati Sorong yang baru tujuh hari menjalankan tugas sejak dilantik pada 4 April 2024 itu, meminta dukungan dari Forkopimda melalui rapat Forkopimda untuk mendengarkan berbagai masukan terkait beberapa isu strategis.

Jadi, atas inisiatifnya melakukan pertemuan dengan Forkopimda selain untuk silaturahmi tetapi juga membahas beberapa hal penting yang harus diantisipasi seperti Pilkada 2024, penerimaan CPNS, pelaksanaan APBD.

"Bagaimana ini kemudian berjalan lancar, itu kami sudah bahas bersama Forkopimda," ujarnya.

Pada intinya, kata dia, Forkopimda Kabupaten Sorong telah bersepakat untuk terus meningkatkan koordinasi di dalam internal forum itu guna mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan khususnya berkaitan dengan beberapa isu strategis itu bisa berjalan baik.

Tujuan meningkatkan koordinasi itu supaya delapan bulan sisa ini, tahun anggaran sisa bisa efektif untuk dipercepat. Selain percepatan penerapan anggaran, juga hal lain yang sangat penting adalah soal pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Sorong bisa berjalan lancar, aman dan tertib.

"Ya kita harus bisa jamin pelaksanaan Pilkada 2024 lancar, kemudian hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan DPRK-pun lancar, dan jangan sampai ada hal lain yang ikut mempengaruhi agenda penting ini," ujarnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024