Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Mumhammad Musa'ad menyebutkan bahwa momentum halal bihalal usai Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu upaya konkret menyatukan perbedaan untuk membangun provinsi ke-38 ini menjadi lebih baik ke depan.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Muhammad Musa'ad pada kegiatan halal bihalal Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya bersama TNI/Polri dan masyarakat di Kota Sorong, Kamis.

Menurut dia, sebenarnya ada beberapa hal pokok penting yang tersampaikan lewat momentum halal bihalal ini. Pertama, sebagai bentuk suka cita umat Muslim karena sudah menyelesaikan puasa dan kemudian perayaan Idul Fitri.

"Tetapi yang terpenting juga bahwa upaya kita untuk kembali merapatkan barisan, kembali menyatukan semangat dan komitmen kita, kebersamaan semua komponen dan unsur yang ada di wilayah Provinsi Papua Daya ini," jelasnya.

Menurut dia, komitmen memperkuat barisan dan semangat itu adalah sangat penting, karena mungkin kemarin pada Pemilu 2024 ada perbedaan-perbedaan, sehingga momentum ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyatukan lagi komitmen dan perbedaan.

"Perbedaan itu adalah kodrat, tidak bisa kita pungkiri, ini merupakan satu keniscayaan, kita jangan mengedepankan perbedaan tapi kita harus mengedepankan persamaan untuk tetap membangun Papua Barat Daya menjadi lebih baik ke depan," ujarnya.

Kedua adalah halal bihalal ini juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu, yang merupakan bagian dari upaya untuk berbagi dengan sesama.

Kemudian ketiga, seluruh komponen masyarakat lintas agama, lintas budaya menjadi kekuatan untuk menyongsong Pemilukada yang akan berlangsung pada November 2024.

"Jadi semangat kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi acuan untuk menyukseskan Pemilukada nanti. Karena Pemilu sudah kita selesaikan dengan baik," ujarnya.

Ini, kata dia, menjadi momentum penting untuk menyatukan kekuatan guna mempersiapkan lagi Pemilukada yang sudah dimulai tahapannya sejak 17 April hingga pemungutan suara pada 27 November.

"Momen ini juga penting untuk kita rapatkan lagi barisan, eratkan lagi komunikasi kita, hubungan kita, mempersiapkan itu dan saya mengajak kita semua masyarakat di wilayah PBD untuk menyukseskan Pilkada 2024," ujarnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024