Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad menyebutkan bahwa penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) telah terselenggara dengan sukses, aman, lancar di wilayah itu.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad usai memimpin rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Kantor Gubernur Papua Barat Daya, Rabu.

"Dari laporan yang disampaikan dari pak Kapolda Papua Barat, Pangdam Kasuari melalui Danrem dan Pangko Armada, kita sampai pada kesimpulan bahwa Pemilu 2024 di Papua Barat Daya berlangsung aman, lancar dan sukses," jelasnya.

Ia memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di provinsi ke-38 ini karena Pemilu 2024 di wilayah ini berjalan dengan lancar, aman, tenang dan damai. Bahkan tingkat partisipasi juga tinggi yakni Pilpres mencapai angka 41 persen ke atas kemudian Pileg berada pada angka 86 persen.

"Untuk ukuran provinsi baru angka partisipasi pada pesta demokrasi itu cukup tinggi," ujarnya.

Berkaitan dengan capaian itu, Provinsi Papua Barat Daya pun mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan kategori terbaik dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Papua Barat Daya.

"Terima kasih banyak dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan agenda nasional di provinsi ini," ucapnya.

Dia berharap kolaborasi dan kerja sama yang telah berdampak pada suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 ini, tentunya menjadi acuan untuk menyukseskan satu agenda nasional yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada November 2024.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024