Sekolah Tinggi Teologi (STT) Erikson-Tritt Manokwari, Papua Barat, menargetkan peningkatan status kelembagaan menjadi Universitas Kristen di Tanah Papua sesuai dokumen peta jalan yang telah disusun. 

Ketua STT Erikson-Tritt Manokwari Dr George Rumbekwan di Manokwari, Sabtu, mengatakan transformasi lembaga pendidikan dilakukan secara bertahap mulai dari level institut kemudian menjadi universitas. 

"Sebenarnya 2009 sudah resmi jadi institut tapi tertunda, tapi ke depannya bisa karena master plan 25 tahun (2013-2038)," kata George. 

Dia menuturkan bahwa Badan Pengurus STT Erikson-Tritt Manokwari terus berkoordinasi dengan pihak gereja dan pemerintah daerah setempat guna mendapat dukungan anggaran dalam meningkatkan status kelembagaan. 

STT Erikson-Tritt Manokwari telah berkiprah selama 65 tahun dengan program studi strata satu (S1) pendidikan agama Kristen, S1 teologi, S1 pendidikan Kristen anak usia dini, strata dua (S2) kepemimpinan, dan program studi S2 pendidikan. 

"Bulan Juli 2024 ini ada penambahan satu program studi baru yaitu S2 teologi," ucap dia. 

Saat ini, kata dia, STT Erikson-Tritt Manokwari fokus meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga pendidik pada enam program bidang studi sebagai tahap persiapan menjadi institut. 

Kemudian, peningkatan akreditasi institusi kelembagaan dan akreditasi program bidang studi yang memengaruhi keseluruhan upaya pengembangan status STT Erikson-Tritt Manokwari pada masa mendatang. 

George menerangkan program studi yang dikelola STT Erikson-Tritt Manokwari bersifat inter denominasi atau terbuka bagi semua jenis gereja yang tercermin dari mata kuliah umum.

"Jumlah mahasiswa lebih kurang 300 orang berasal dari beberapa kabupaten di Tanah Papua bahkan ada dari Maluku dan Manado," ucap dia. 

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Barat Yacob S Fonataba memastikan bahwa pemerintah daerah senantiasa memberikan dukungan bagi pengembangan lembaga pendidikan tinggi. 

Eksistensi setiap lembaga pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam menyediakan SDM berkualitas untuk kemajuan pembangunan daerah ke depannya. 

Dia mengingatkan agar STT Erikson-Tritt Manokwari melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menerapkan standar nasional pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat. 

Hal itu diaplikasikan melalui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar secara menyeluruh demi mencapai mutu dan kualitas perguruan tinggi. 
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024