Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Darat Daya memberikan vaksinasi hepatitis B kepada tenaga kesehatan yang bertugas di 15 puskesmas dan satu rumah sakit.

Kepala Seksi Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Sorsel, Imelda Naolin, Senin, di Teminabuan, mengatakan, pemberian vaksinasi ini guna melindungi nakes dari penyebaran penyakit hepatitis B.

"Saat ini banyak kasus hepatitis B terjadi di tengah masyarakat, hal itu berdasarkan data Kemenkes RI. Kabupaten Sorsel menjadi salah satu wilayah terdampak penyakit tersebut, maka perlu diberikan vaksinasi kepada nakes," katanya.

Kata dia, nakes sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat perlu mendapat perhatian dengan menerima vaksinasi hepatitis B.

Dengan menerima vaksinasi itu, nakes dapat melindungi dirinya dari penyakit tersebut saat berhadapan dengan pasien khususnya ibu hamil.

Imelda Naolin melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi berlangsung di Puskesmas Teminabuan dan Rumah Sakit Umum Scholoo Keyen.

"Nakes yang akan menerima vaksinasi hepatitis B tersebut antara lain perawat, bidan, analis, dokter gigi, serta dokter spesial, dan dokter umum, karena langsung berhadapan dengan pasien," jelasnya.

Dia berharap agar nakes di Sorsel yang telah mendaftarkan dirinya dapat melakukan vaksinasi di tempat yang telah ditentukan.
 

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024