Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Johnny Eddizon Isir melakukan pengecekan terhadap kesiapan pelaksanaan dan pengamanan pemilu 2024 di Kabupaten Teluk Bintuni.

"Kunjungan ke Teluk Bintuni bermaksud mengetahui sejauh mana kesiapan penyelenggara pemilu dan pengamanan dari kepolisian," kata Johnny Isir melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Manokwari, Sabtu.

Kapolda mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Bintuni harus memetakan wilayah, terutama tempat pemungutan suara (TPS) yang pernah mengalami gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pemilu sebelumnya.

Hal tersebut bermaksud agar pihak kepolisian dapat mengalokasikan penambahan personel sesuai kebutuhan dan data dari penyelenggara, sehingga mampu mengantisipasi gangguan kamtibmas.

"Kendala-kendala yang pernah terjadi sangat penting diketahui, supaya kepolisian bisa menyiasati langkah-langkah pencegahan sebelum hari pemungutan suara nanti," ucap Johnny Isir.

Kepolisian, kata dia, berkomitmen mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif agar pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman, tertib, dan lancar sesuai ekspektasi bersama.

Oleh karena itu. kata dia, laporan penyelenggaraan pemilu tahun sebelumnya akan menjadi bahan evaluasi dalam menentukan pola pengamanan yang lebih maksimal dan tepat sasaran.

"Misalnya data TPS yang pernah dilakukan pemungutan suara ulang atau pemungutan suara susulan termasuk tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu," ujar Johnny.

Kapolda juga mengingatkan agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Teluk Bintuni berkolaborasi dengan Kepolisian Resor Teluk Bintuni guna mengawasi proses distribusi logistik pemilu ke seluruh TPS.

KPU dan Bawaslu diharapkan untuk memperhatikan jarak tempuh masyarakat apabila terjadi pemindahan lokasi TPS dari lokasi awal yang ditentukan, termasuk jalur pendistribusian logistik.

"Kepolisian harus mengetahui kalau ada relokasi TPS. Lokasinya harus mudah dijangkau masyarakat, supaya masyarakat bisa salurkan hak suara mereka," kata Kapolda.

Kunjungan kerja Kapolda ke Teluk Bintuni didampingi oleh Kabid Humas Polda Kombes Pol Ongky Isgunawan, Direktur Lalu Lintas Polda Kombes Pol Dedy Ekajaya Helmi, Direktur Intelkam Polda Kombes Pol Ari Purwanto, dan Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya.
 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024