Bupati Manokwari, Hermus Indou mengajak seluruh keluarga besar yang dipayungi Kerukunan Fakfak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat untuk mengisi dan mendukung pembangunan daerah.

"Pupuk terus kerukunan dan kekeluargaan yang bisa bekerja sama dengan siapa saja untuk percepat pembangunan di Manokwari dan dukung berbagai program pemerintah di Manokwari sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat dan pusat peradaban di Tanah Papua," kata Hermus saat melantik pengurus kerukunan Fakfak di Manokwari, Senin.

Hermus mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan, Pemkab Manokwari menjadi bagian tak terpisahkan dari kelembagaan sosial daerah seperti paguyuban atau kerukunan baik suku nusantara maupun Papua.

Menurutnya, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Pemkab Manokwari harus bisa melakukan penataan dan penguatan kelembagaan sosial daerah secara menyeluruh agar tidak menimbulkan konflik di daerah.

Ia mengatakan, keberagaman suku dan budaya di Indonesia justru menjadi sebuah kekayaan yang harus dilestarikan. Begitu juga di Manokwari, daerah miniatur Indonesia yang dihuni berbagai suku dan budaya. Kerukunan atau paguyuban merupakan pilar untuk mendukung eksistensi pemerintahan yang berkualitas.

"Kabupaten Manokwari punya filosofi rumah seribu. Dimana eksistensi pemerintah ditopang banyak tiang atau pilar-pilar. Seluruh warga masyarakat yang terhimpun dalam kerukunan adalah pilar yang harus diperkuat dan dilestarikan untuk pembangunan daerah," terangnya.

Ia menjelaskan, organisasi kerukunan selain harus bermanfaat bagi pembangunan daerah, harus juga bermanfaat untuk warga atau anggotanya. Dirinya berharap setiap kerukunan mampu melakukan pembinaan terhadap anggotanya agar miliki wawasan kebangsaan.

Selain itu, kerukunan juga harus mempunyai peran untuk meredam jika terjadi percikan konflik yang melibatkan anggotanya.

"Jadikan organisasi ini untuk organisasi perjuangan untuk aspirasi dan kepentingan seluruh warga Fakfak di Manokwari. Rumuskan program kerja yang bisa dikerjakan, buat sesuai kemampuan dan kondisi serta buat program kerja untuk bermitra dengan suku lainnya," jelasnya.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023