Bupati Manokwari, Papua Barat, Demas Paulus Mandacan mengunjungi lokasi banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua untuk menyerahkan bantuan.

Penyerahan dilaksanakan di kantor Bupati Jayapura dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro mewakili Bupati Mathius Awoitauw.

Dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat, Demas Mandacan mengatakan bantuan yang diberikan sebagai upaya untuk meringankan beban para korban yang terpapar bencana saat itu.

Menurutnya, Pemkab dan seluruh masyarakat Manokwari turut perihatin atas musibah yang merenggut nyawa dan harta benda tersebut.

"Duka Sentani adalah duka kita bersama, duka Indonesia dan juga duka masyarakat Manokwari," kata Demas dalam siaran pers tersebut.

Bantuan yang dibawa Bupati Manokwari antara lain berupa pakaian layak pakai sebanyak dua kontainer, 1,5 kontainer bahan makanan, setengah kontainer kelengkapan ibu dan anak serta uang tunai sebesar Rp190.163.000.

Bantuan tersebut dihimpun Pemkab Manokwari melalui Posko Induk yang dibuka Badan Penanggulangan Bencana (BPBD).

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro menyatakan, banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu merupakan kali pertama terjadi di daerahnya. Cukup banyak korban meninggal maupun luka-luka akibat bencana tersebut.

Pihaknya berterimah kasih atas kepedulian Pemkab dan warga Manokwari terhadap warganya yang tertimpa bencana.

"Semoga ini yang pertama dan terakhir serta menjadi pembelajaran bagi seluruh daerah di Tanah Papua," kata Giri.

Ia mengajak semua daerah di Papua maupun Papua Barat, menjaga lingkungan serta menata pemukiman dengan baik agar tidak terjadi musibah lagi.

"Kami sangat berterima kasih, bahkan bupati sendiri yang langsung mengantar dan menyerahkan bantuan kepada kami. Semoga Tuhan yang akan membalasnya dengan kebaikan yang lebih baik.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019