Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong, Provinsi Papua Barat Daya mengoptimalkan kinerja aparatur sipil negara (ASN) berbasis digital untuk pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih efektif dan efisien.

Plh Sekda Kabupaten Sorong, Kepas Kalasuat, di Sorong, Selasa, mengatakan era digital menuntut birokrasi pemerintahan ikut beradaptasi dalam sistem pelayanan publik.
 
"Ini menjadi penting karena era digital menuntut kita untuk beradaptasi," ujarnya.
 
Plh Sekda menjelaskan, dulu sebelum adanya digitalisasi pelayanan masih harus berbasis manual serta membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya. Namun ketika zaman berubah, pelayanan pun harus ikut mengalami perubahan yang mengarah kepada pelayanan yang cepat, mudah, efektif dan efisien.

Pemerintah Kabupaten Sorong melalui dinas terkait menggelar bimbingan teknis supaya ASN dapat menerapkan digitalisasi secara optimal dalam pelayanan publik.
 
Kepada Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Sorong, Chris Tupamahu menyatakan bimbingan teknis ini lebih kepada melatih dan membina kepala bagian kepegawaian dan pengelola kepegawaian dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengetahui penggunaan aplikasi sistem informasi aparatur sipil (SIASN).
 
Di dalam aplikasi SIASN, sebut dia, ada sistem kenaikan pangkat, perencanaan, berkala, cuti, pensiun, dan hal lain di dalam satu sistem.
 
"Semua tentang kemudahan pelayanan administrasi kepegawaian di Kabupaten Sorong," ujarnya.
 
BKDD, sebut dia, selama ini telah menggunakan aplikasi SIASN dan kini akan diterapkan pada setiap OPD di Kabupaten Sorong guna mempercepat pelayanan.
 
"Kita di BKDD sudah menggunakan aplikasi ini, jadi sekarang kita coba lempar ke OPD supaya mempercepat pelayanan," katanya.

 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023