Pemerintah Kabupaten Manokwari Papua Barat lakukan pembinaan prestasi pemuda dengan menyelenggarakan turnamen futsal Bupati Cup II sambut HUT ke 125 Kabupaten Manokwari. 

"Melalui momen HUT ke 125 ini Pemkab Manokwari tidak ingin melewati dengan kegiatan yang sia-sia. Kita ingin memeriahkan HUT dengan kegiatan positif sekaligus mengangkat prestasi pemuda dan pelajar di bidang olahraga," kata Bupati Manokwari Hermus Indou saat membuka turnamen futsal Bupati Cup II di Manokwari, Jumat

Ia mengatakan, dari jejak sejarah, Manokwari pernah menorehkan prestasi gemilang di bidang olahraga sepakbola dan futsal. Tim kenamaan seperti Black Steel lahir di Manokwari. Namun sayangnya prestasi itu tidak dapat dipertahankan hingga kini. 

Menurutnya, prestasi Kabupaten Manokwari pada dunia sepakbola dan futsal di masa lampau harus dibangkitkan. Bibit-bibit atlet berprestasi harus terus dibina sehingga tumbuh legenda-legenda sepakbola yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Manokwari. 

"Untuk itulah turnamen futsal ini kita selenggarakan. Diharapkan tumbuh potensi pemain sepakbola dan futsal yang memiliki daya saing dengan pemain nasional. Itulah kado yang kita harapkan pada HUT ke 125 Kabupaten Manokwari," katanya. 
 
Bupati Manokwari Hermus Indou berfoto bersama dengan panitia dan seluruh peserta turnamen futsal Bupati Cup II (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

Ketua panitia turnamen futsal Bupati Cup II Nakeus Muid mengatakan, turnamen tersebut diikuti 44 peserta yang dibagi menjadi dua kategori. Untuk kategori pelajar diikuti 12 tim dari tujuh SMA/SMK yang ada di Manokwari. Sedangkan kategori umum diikuti 32 tim. 

"Mereka akan bertanding 20-31 Oktober 2023. Untuk tim futsal kategori umum, syaratnya wajib ada pemain lokal Manokwari yang mempunyai KTP Manokwari," katanya. 

Ia menjelaskan, anggaran turnamen futsal Bupati Cup II bersumber dari bantuan Bupati Manokwari sejumlah Rp100 juta dan uang pendaftaran tim futsal. 

Ia melanjutkan, untuk meramaikan turnamen futsal, panitia juga bekerjasama dengan UMKM di Manokwari. Hal itu dilakukan selain melakukan pembinaan olahraga tapi juga melakukan pembinaan pada pelaku UMKM di Manokwari. Sehingga perekonomian warga bisa tumbuh. 

"Tentu selain kita mencari bakat pemain futsal, diharapkan turnamen ini mampu meningkatkan kualitas olahraga futsal di Manokwari. Mari bertanding dengan menjunjung sportifitas sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung," ujarnya. 
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023