Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dikukuhkan sebagai anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa di Kabupaten Teluk Wondama dalam prosesi adat yang berlangsung di Wasior, Jumat.

Kepala Suku Besar Wamesa Sefnat Kurube bersama Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama Adrian Worengga memimpin prosesi adat pengukuhan Paulus Waterpauw sebagai anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa.

Acara pengukuhan tersebut disaksikan oleh anggota masyarakat adat dari berbagai suku, subsuku, dan marga di Teluk Wondama serta pejabat Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Teluk Wondama.

Sefnat Kurube mengatakan bahwa Paulus Waterpauw dipandang sebagai salah satu putra terbaik Papua.

Sebelum menjadi penjabat gubernur, Paulus Waterpauw pernah mengisi jabatan penting di Kepolisian Republik Indonesia, termasuk menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Papua, Papua Barat, dan Sumatera Utara.

Sefnat berharap pengukuhan Paulus Waterpauw sebagai anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa dapat mengikat hati dan pikiran alumni Akademi Kepolisian tahun 1987 itu untuk senantiasa mencintai dan peduli terhadap pembangunan Tanah Papua.

"Jadilah anak adat dan sesepuh Suku Besar Kuri Wamesa sampai (selama) hayat di kandung badan, bukan hanya sementara. Biar langit terbelah dua, tetap anak Papua, tetap anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa," katanya.

Sementara itu, Ketua DAP Teluk Wondama Adrian Worengga berharap Paulus Waterpauw mengawal upaya pemerintah pusat dalam membangun Papua dan menyejahterakan orang Papua, termasuk suku besar Kuri Wamesa di Teluk Wondama.

Dia mengemukakan bahwa pemerintah harus memastikan pembangunan dilaksanakan secara merata hingga ke perkampungan-perkampungan di seluruh Tanah Papua.

"Sampai hari ini masih ada mereka yang hidup di hutan belantara," kata Adrian.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengaku bangga dinobatkan sebagai anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa Teluk Wondama.

"Saya berjanji tetap menjadi anak Papua. Biarlah saya tetap menjadi anak Kuri Wamesa. Saya akan tetap berjuang bersama-sama dengan bapak ibu dan saudara-saudara sekalian," katanya.

Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama menyambut baik pengukuhan Paulus Waterpauw sebagai anak adat dan sesepuh suku besar Kuri Wamesa.

"Bapak Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw memiliki segudang pengalaman yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat Wondama dan Papua Barat demi kemajuan daerah dan kemajuan masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Zack Tonu Bala

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023