Pemerintah Kabupaten Manokwari bekerjasama dengan Polisi Resort Kota (Polresta) setempat membentuk kampung kamtibmas tangguh.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara Bupati Manokwari Hermus Indou dengan Kapolresta setempat Kombes Pol. Rivadin Benny Simangunsong di Manokwari, Papua Barat, Rabu.

"Polresta telah memiliki banyak gagasan dan inovasi untuk membantu Pemkab Manokwari untuk mewujudkan kondisi keamanan masyarakat, salah satunya kampung kamtibmas tangguh," kata Hermus saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan kampung kamtibmas adalah bentuk upaya Pemkab Manokwari dan Polresta untuk memberikan mandat pada rakyat berpartisipasi menjaga kondusifitas daerah.

Kampung kamtibmas juga untuk mewujudkan polisi sebagai sahabat rakyat dan bukan sebagai lawan. Polisi sebagai sahabat masyarakat, karena masyarakat memiliki tugas untuk menjaga keamanan.

Menurutnya, kampung adalah garda terdepan mewujudkan pelayanan masyarakat karena mayoritas masyarakat tinggal di kampung.

“Keamanan harus dimulai dari bawah dan harus jadi bagian kehidupan masyarakat, karena masalah keamanan dan ketertiban adalah kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat harus jadi pelaku dan subjek kamtibmas,” ujarnya.
Pendantanganan (MoU) pembentukan kampung kamtibmas oleh Bupati Manokwari Hermus Indou dengan Kapolresta setempat Kombes Pol. Rivadin Benny Simangunsong (ANTARA/Ali Nur Ichsan)

Hermus menambahkan sinergi yang baik antara Pemkab Manokwari dan Polresta akan bermuara pada kesejahteraan warga. Daerah yang aman dan damai membuat banyak investor datang untuk pembangunan. Jika pembangunan maju maka dampaknya adalah masyarakat sejahtera.

“Variabel atau faktor keberhasilan pembangunan daerah adalah untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah adalah agen perubahan, Manokwari sebagai pusat peradaban di Papua harus jadi terdepan pada pembangunan, harus jadi contoh untuk daerah lain,” jelasnya.

Kapolresta Manokwari Kombes Pol. Rivadin Benny Simangunsong mengatakan MoU tersebut menjadi dasar bagi Polresta untuk pembinaan masyarakat sehingga terciptanya Manokwari yang aman.

Dengan adanya kampung kamtibmas, kepolisian dan TNI harus mendukung penuh pemerintah daerah melakukan pembangunan baik pembangunan daerah maupun pembangunan manusia.

“Polresta akan terus melakukan pendekatan preventif, preemtif, dan represif. Mudah-mudahan pemda dan polisi tetap bersinergi sehingga program dari Pemkab Manokwari bisa berjalan lancar. Kami akan terus mendukung penuh program pemerintah,” katanya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023