Kabupaten Tambrauw, Papua Barat mengembangkan pariwisata berkelanjutan guna mendukung kemajuan daerah yang telah ditetapkan sebagai kabupaten konservasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudyaan Tambrauw, Abraham D E Mayor di Sorong, Jumat mengatakan Tambrauw telah ditetapkan sebagai kabupaten konservasi banyak pihak berkata bahwa daerah konservasi penduduknya akan miskin.

Dia mengatakan, alam tambrauw begitu luar biasa banyak destinasi wisata yang dapat dikembangkan sehingga pariwisata adalah sektor unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, kata dia, pemerintah tambrauw menjalin kerjasama dengan berbagai pelaku pariwisata baik yang ada  Sorong maupun Raja Ampat guna mendorong pengembangan pariwisata berkelanjutan tambrauw.

"Kami berharap stekhorder pariwisata baik yang ada di Sorong maupun Raja Ampat yang telah kami undang ke Tambrauw melihat potensi pariwisata daerah tersebut agar memberikan saran, bahkan membantu mendorong pengembangan pariwisata tambrauw," ujarnya.

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu mitra yang di undang pemerintah Kabupaten Tambrauw untuk melihat potensi pariwisata daerah setempat dengan harapan mendorong sumber daya pemandu wisata tambrauw.

Ketua HPI Raja Ampat, Ranny Iriani Tumondo yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa HPI siap membantu pemerintah tambrauw mempersiapkan sumber daya pemandu wisata tambrauw.

Menurut dia, tambrauw punya banyak penggalan sejarah perang dunia kedua dan ini merupakan potensi wisata dunia. Sebab itu, putra putri  lokal tambrauw harus diberdayakan menjadi pemandu wisata sejarah yang mampu bercerita kepada wisatawan yang berkunjung.

Menjadi pemandu wisata, apalagi wisata sejarah bukanlah hal yang mudah harus melalui proses pembelajaran. HPI siap membantu pemerintah tambrauw mendorong masyarakat lokal Tambrauw agar bisa menjadi seorang pramuwisata sejarah," tambah dia.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019