Tim pelatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menyebutkan para pelajar setempat yang terpilih untuk bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada perayaan 17 Agustus 2023 semuanya lolos tes narkoba dan HIV.

Koordinator pelatih Paskibra 2023 Teluk Wondama Sersan Mayor Priyono di Isei, Selasa, menyebut selain tes narkoba dan HIV, anggota Paskibra juga menjalani pemeriksaan darah, tensi dan HB oleh tim dokter serta postur badan dan kemampuan baris-berbaris.

Dari hasil seleksi yang dilakukan, terpilih sebanyak 25 pelajar SMA dan SMK dari empat sekolah yang akan bertugas pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kabupaten Teluk Wondama.

"Secara umum sudah siap. Kita upayakan sebelum hari H kita mengejar yang belum maksimal agar bisa benar-benar mantap nantinya," ujar Priyono di sela-sela memantau pelatihan Paskibra 2023 di Lapangan Apel Kantor Bupati Teluk Wondama di Isei.

Adapun ke-25 pelajar yang terlibat sebagai anggota Paskibra 2023 itu terdiri atas 17 laki-laki dan delapan perempuan.

Mereka merupakan siswa pilihan dari empat sekolah berbeda yakni SMA Negeri 01 Wondama, SMK Perikanan Dotir, SMK Tandia dan SMA Negeri Windesi.

Pelatihan Paskibra 2023 sendiri telah dimulai sejak 17 Juli dengan melibatkan tim pelatih dari Kodim 1811, Polres Teluk Wondama, juga beberapa orang purna Paskibra.

Ke-25 pelajar SMA dan SMK mengisi formasi 17 dan 8. Sementara formasi 45 diisi oleh prajurit TNI dari Kodim 1811 Teluk Wondama dan Satgas Pamrahwan.

Priyono menjelaskan, perekrutan anggota Paskibra 2023 diawali dengan seleksi di tingkat sekolah kemudian seleksi lanjutan di Markas Kodim 1811 Teluk Wondama yang meliputi tes fisik dan tes kesehatan.

"Di sekolah kami melihat postur para siswa, setelah itu baris berbaris dasar dan kemudian berlanjut di Kodim yaitu untuk pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter," jelasnya.

Selama dua pekan terakhir, katanya, pelatihan sudah dilakukan sesuai formasi inti yang akan ditampilkan saat puncak perayaan 17 Agustus 2023.

"Jadi ini sudah formasi inti yang akan tampil pada 17 Agusus. Sudah fix itu sehingga tidak ada perubahan posisi lagi," kata Priyono.

Bertindak sebagai Komandan Paskibra tahun ini di Teluk Wondama yaitu Letnan Satu Inf Alex Zandrika Arloy yang sehari-hari bertugas sebagai Danramil Windesi.
 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023