Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua meminta anak muda mengembangkan ekonomi kreatif di Bumi Cenderawasih sehingga menjadi sektor unggulan karena peluang tersebut masih terbuka lebar.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Papua Juli Budi Winantya di Jayapura, Selasa, mengatakan ekonomi kreatif perlu digiatkan karena potensinya besar dan menjanjikan.

“Kami mendukung anak muda Papua yang mau mengembangkan ekonomi kreatif karena itu merupakan salah satu cara dalam menumbuhkan perekonomian daerah,” katanya.

Menurut Juli, seperti kegiatan Festival Kopi beberapa waktu lalu di mana sebelumnya pihak BI yang menyelenggarakan namun kini diadakan oleh anak-anak Papua.

“Untuk itu kami berharap kegiatan seperti Festival Kopi dan kegiatan lainnya digiatkan kembali agar semakin banyak ekonomi kreatif yang muncul,” ujarnya.

Dia menjelaskan BI akan terus bersinergi mendukung pemerintah setempat karena dengan kolaborasi bersama maka ekonomi kreatif di Bumi Cenderawasih akan berhasil salah satunya pada pengembangan kopi.

“Kopi merupakan komoditas unggulan sehingga sudah seharusnya di perkenalkan lagi melalui kegiatan-kegiatan lainnya di luar Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan kegiatan itu diharapkan sektor pertanian dalam hal ini kopi dapat menjadi bagian dari ekonomi kreatif dapat berkembang

“BI akan mengikuti festival ekonomi syariah untuk kawasan Indonesia timur di Balikpapan yang mana kami akan melibatkan salah satu binaan pelaku usaha kopi agar menciptakan kreativitas baru,” ujarnya lagi.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023