Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-166 Tahun 2023 di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, dipusatkan di Kampung Malaumkarta dan Kampung Suatulo di Distrik Makbon.

"Tujuan pelaksanaan TMMD ini adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat, khususnya di sektor pariwisata," kata Komandan Distrik Militer 1802 Sorong Letkol Cpn. Andi Sigit Pamungkas di Sorong, Rabu.

Ia mengatakan bahwa Program TMMD meliputi kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik. Kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan antara lain pembangunan jalan.

"Pembangunan jalan dengan panjang 860 meter dan 300 meter sudah dikerjakan di dua kampung itu," katanya.

Kegiatan pembangunan non-fisik yang dijalankan, ia mengatakan, meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis, pembagian sembako, penanggulangan stunting, penyuluhan hukum, dan penyuluhan pertanian.

Menurut dia, kegiatan TMMD berlangsung satu bulan mulai dari 28 April sampai 28 Mei 2023.

"Kami berharap kegiatan ini membantu pemerintah daerah dalam realisasi program pemberdayaan masyarakat," katanya.

Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso menyambut baik pelaksanaan kegiatan TMMD.

"Kita menyambut baik program ini karena untuk menyangkut dengan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Dia mengajak warga kampung sasaran TMMD membantu TNI menjalankan program yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Yan Piet Moso juga meminta aparat Pemerintah Kabupaten Sorong mendukung pelaksanaan Program TMMD.

"TMMD Ini merupakan (program) lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah, serta segenap lapisan masyarakat," katanya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023