Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) membekali ilmu jurnalistik kepada 100 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori, Papua, Senin.

"Melalui lokakarya jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa tentang cara menulis berita, foto dan video," ujar Koordinator Bidang Politik dan Pemerintahan Direktorat Informasi dan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Dwi Dyaningsih di Biak, Senin.

Dwi mengatakan tujuan lain dari lokakarya jurnalistik untuk menanamkan cinta Tanah Air kepada mahasiswa karena setelah mendapat ilmu menulis berita bisa mengekspose berbagai potensi alam yang dimiliki Kabupaten Biak Numfor lewat informasi berita yang mencerahkan, foto dan video.

Kemenkominfo mengucapkan selamat kepada 100 mahasiswa yang telah mengikuti lokakarya jurnalistik diselenggarakan IJPN berlangsung di Biak 10-11 April 2023.

Sementara itu, Ketua Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara Papua Roberthus Yewen mengaku sangat bangga workshop jurnalistik di Kabupaten Biak Numfor karena animo mahasiswa yang mengikuti sebanyak 100 orang berasal dari delapan perguruan tinggi di Biak dan Kabupaten Supiori.

Yewen berharap setelah selesai mengikuti lokakarya jurnalistik para mahasiswa dapat menulis berita, foto dan video guna mengangkat potensi wisata dan budaya orang Papua yang begitu luar biasa dan jarang sekali ditulis atau dipublikasikan melalui media massa dan media sosial.

"IJPN mengajak semua mahasiswa di Papua ke depan bisa menulis tentang potensi yang dimiliki supaya masyarakat luas tidak hanya melihat Papua hanya dalam konteks konflik," harap Yewen.

Ia menyebutkan mahasiswa peserta lokakarya jurnalistik akan mendapatkan teori dan praktik menulis yang diajarkan para wartawan dan pemilik media online di Tanah Papua.

"Seratus mahasiswa Biak Numfor diharapkan dengan kegiatan jurnalistik ini mahir dalam menulis berita," ujar Yewen.

Pelaksanaan workshop jurnalistik Kemenkominfo dan IJPN dibuka Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian Kominfo-IJPN bekali 100 mahasiswa Biak ilmu jurnalistik

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023