Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, menyambut baik dan mendukung kegiatan festival kuliner Ramadhan yang digagas berdasarkan inisiatif para pelaku UMKM di Kelurahan Malasom, Distrik Aimas.
 
Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso menyampaikan apresiasi kepada kelompok UMKM yang telah berinisiatif untuk menggelar festival kuliner Ramadhan ini.
 
"Kegiatan festival ini murni inisiatif masyarakat UMKM. Kami pemerintah mendorong dan mendukung adanya kegiatan positif ini," ucap Penjabat Yan Piet Mosso usai membuka kegiatan festival kuliner Ramadhan, Kamis.

Menurutnya, kelompok UMKM ini selalu melihat peluang peningkatan ekonomi pada momentum masa puasa dengan menjual hasil produk olahan sendiri.
 
"Ini sebuah kemandirian bagaimana memanfaatkan momentum yang strategis untuk mendapatkan pundi-pundi pemasukan tanpa mengurangi ibadah puasa," katanya.
 
Bentuk dukungan pemerintah terhadap festival kuliner ini melalui kehadiran Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso dan membuka secara resmi kegiatan tersebut sekaligus memberikan bantuan kepada kelompok UMKM.
 
"Kita hadir di sini untuk memberikan dukungan kepada UMKM sebagai bagian strategis untuk bersama mengembangkan ekonomi di wilayah Kabupaten Sorong," katanya.
 
UMKM baginya bagian penting dari strategis pemerintah bagaimana membangun kehidupan ekonomi di tengah kondisi inflasi.
 
"Sehingga saya atas nama pemerintah menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada pelaku UMKM karena tanpa mengenal waktu terus berkreasi menumbuhkan ekonomi," tuturnya.

Sepintas terpantau, stand kuliner yang berjumlah 55 buah ini menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman siap saji, dengan warna dan rasa berbeda ditambah lagi harga murah meriah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang dan membeli.
 
Tak heran, jelang waktu pembukaan puasa, banyak orang membanjiri lokasi festival kuliner Ramadhan untuk membeli makanan dan minuman siap saji sebagai bahan pembuka puasa bersama keluarga.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023