PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Sorong kembali meraih Proper Emas dalam ajang program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup 2022, yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Penghargaan bergengsi pemerintah tersebut yang kedua kali. Pada 2021 perusahaan BUMN di Sorong tersebut juga meraih Proper Emas," kata General Manager RU VII Kasim Yusuf Mansyur di Sorong, Jumat.

Dia mengatakan sejak tahun 2021, PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim mempertahankan predikat Proper Emas. Hal ini menunjukkan konsistensi perusahaan untuk terus menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan.

Ia menjelaskan tahun 2022, perusahaan mengangkat tajuk Kampung Klayas Semarak sebagai program inovasi sosial. Program inovasi Klayas Semarak memberdayakan masyarakat asli Papua Suku Moi, yakni suku asli Kabupaten Sorong.

Selain itu, perusahaan juga mendorong masyarakat Kampung Klayas untuk terus berkembang ke arah kesejahteraan dengan berbagai kegiatan yang menyentuh aspek sosial, ekonomi, lingkungan, bahkan budaya.

"Program inovasi Klayas Semarak inilah yang telah mengantar Pertamina RU VII Kasim meraih Proper Emas kedua kali pada 2022, yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujar Yusuf.

Ia mengatakan Proper Emas diserahkan oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar kepada Pertamina RU VII Kasim yang diterima oleh Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional, Didik Bahagia di Jakarta 29 Desember 2022.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa, tidak hanya untuk RU VII, tapi untuk saudara-saudara kita di Klayas dan di Papua. Semoga kita semua tetap bisa bersinergi untuk mendukung kemajuan Klayas ke depan," kata Yusuf

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022