Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menggencarkan program pengendalian inflasi dengan memperkuat ketahanan pangan daerah di berbagai kampung dan distrik/kecamatan.

"Pembagian bibit cabai dan kacang hijau dari Pemkab Biak Numfor adalah untuk mendukung kebijakan ketahanan pangan daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat Biak Numfor, " ujar Kepala Dinas Pertanian Biak I Made Suaryadana di Biak, Selasa.

Made menyebut, untuk bibit tanaman cabai sudah dibagikan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun warga petani di berbagai kampung dan distrik.

Ia mengatakan, khusus ASN pemberian bibit cabai untuk menindaklanjuti program Bupati Biak Herry Ario Naap yang menginstruksikan untuk penanaman cabai massal di halaman rumah dan kebun pribadi.

Sedangkan untuk bibit kacang hijau, menurut Made, saat ini sudah disiapkan sebanyak 1,250 ton dan pupuk 15 ton.

"Distan tinggal menunggu jadwal pembagian sesuai dengan perintah Bupati Herry Ario Naap, " katanya.

Sementara itu, Kepala distrik Samofa Adam Umar S.IP mengatakan, di wilayahnya kampung Sambowofuar telah dijadikan sentra pertanian tanaman cabai guna menindaklanjuti kebijakan Bupati Herry Ario Naap untuk menanam cabai sebagai program ketahanan pangan daerah Kabupaten Biak Numfor.

"Ada kurang lebih 2.000 pohon tanaman cabai yang ditanam siap dipanen di lahan warga kampung Sambowofuar, " ujar Kadistrik Samofa Adam Umar.

Sesuai instruksi Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, lanjutnya, untuk jajaran ASN, sekolah dan warga untuk melakukan penanaman cabai di halaman rumah, sekolah dan kebun keluarga.
 

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022