Kantor Pos Manokwari menyalurkan bantuan langsung tunai dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak atau BLT BBM tahap pertama kepada 387 keluarga penerima manfaat.

"Hari ini kami serahkan secara simbolis dan dalam waktu dekat akan diserahkan bersamaan dengan KPM lain yang masuk data susulan karena jumlah 387 KPM (keluarga penerima manfaat) ini masih merupakan data awal dari Kementerian Sosial," kata Kepala Kantor Pos Manokwari Johannes Kesaulija di Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu.

Ia menambahkan, Kantor Pos Manokwari baru menerima data penerima BLT BBM dari Kementerian Sosial pada Selasa (6/9) malam.

Johannes menjelaskan bahwa 387 KPM yang sudah tercatat sebagai penerima bantuan pemerintah masing-masing menerima BLT BBM tahap pertama Rp300 ribu dan bantuan pangan non-tunai atau bantuan sembako bulan September 2022 senilai Rp200 ribu.

Menurut Johannes, penyaluran BLT BBM kepada warga di Manokwari dijadwalkan berlangsung 31 Agustus sampai 9 September 2022 tetapi waktu penyaluran kemungkinan akan diperpanjang hingga pekan depan.

Dia meminta penerima BLT BBM membawa kartu tanda penduduk dan kartu keluarga asli saat mengambil bantuan sosial pemerintah.

Selain menyalurkan BLT BBM, Kantor Pos Manokwari menyerahkan bantuan sembako triwulan ketiga tahun 2022 senilai Rp600 ribu per keluarga kepada warga penerima manfaat di Kelurahan Manokwari Barat dan Kelurahan Manokwari Timur.
 
Penyaluran bantuan juga dilakukan di Kantor Pos cabang pembantu di Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Teluk Wondama.

Jumlah penerima bantuan pangan non-tunai atau bantuan sembako di wilayah kerja Kantor Pos Manokwari yang mencakup Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama seluruhnya 22.417 keluarga dan 10.316 di antaranya berada di Kabupaten Manokwari.

Asisten II Sekretariat Daerah Manokwari Harjanto Ombesapu mengimbau warga memanfaatkan bantuan tunai dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Bantuan ini tidak bisa memenuhi kebutuhan semuanya, tapi bisa memberikan keringanan bagi keluarga yang sangat membutuhkan," kata dia.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022