Sebanyak 15 nelayan di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat menerima perangkat keselamatan berlayar dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manokwari.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manokwari Nurdin Marpaung, di Manokwari, Rabu, menyatakan pembagian perangkat keselamatan yang diberikan berupa rompi pelampung (life jacket) dan pelampung renang ban (swim ring).
 
"Kami bagi perangkat keselamatan sebagai bentuk kepedulian kami kepada nelayan agar mereka aman ketika berlayar di laut. Kami beri perangkat keselamatan yang memprioritaskan nelayan dengan ekonomi menengah ke bawah," ujar dia.
 
Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap nelayan, pemberian perangkat keselamatan berlayar juga dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap 17 September.
 
Menjelang Harhubnas pula, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manokwari akan menggelar aksi bersih laut dan pantai di Pantai Pasir Putih, Kelurahan Pasir Putih, Distrik Manokwari Timur pada Jumat (9/9) pagi.
 
Kata Nurdin, aksi pembersihan laut dan pantai akan melibatkan 150 personel dari sejumlah satuan tugas maritim di Manokwari termasuk para nelayan dan masyarakat di Kelurahan Pasir Putih.
 
Gerakan bersih laut dan pantai diharap menyadarkan masyarakat akan kebersihan laut dan pantai serta lingkungan.
 
"Kami di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Manokwari juga mempunyai tugas untuk menjaga kelestarian ekosistem laut. Aksi bersih pantai nanti juga sebagai bentuk kehadiran pemerintah kepada masyarakat dalam hal ini nelayan," ungkap Nurdin.
 
Pemberian perangkat keselamatan berlayar bagi 15 nelayan diberikan di Pelabuhan Anggrem Manokwari di Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat yang diserahkan Staf Ahli Bupati Manokwari, Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ensemy Stevy Mosso.
 
Penyerahan perangkat keselamatan berlayar itu juga dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Barat Jacobis Ayomi, Wakil Kepala Kepolisian Resor Manokwari Kompol Agustina Sineri, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (SAR) Manokwari I Wayan Suyatna, dan perwakilan PT Pelabuhan Indonesia Region IV Manokwari, PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Manokwari serta Jasa Raharja Manokwari.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022