Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2019 akan meningkatkan seluruh belanja negara hingga mendekati Rp.2.500 triliun.

"APBN adalah instrumen fiskal yang sangat penting untuk menggerakan perekonomian namun juga menggerakan pemerintahan dari pusat hingga daerah," kata Menteri Keuangan Republik Indonesia saat meresmikan Gedung Keuangan Negara di Manokwari, Papua Barat, Rabu.

Untuk transfer ke daerah pada tahun depan, kata Sri Mulyani, nilainya hampir sama dengan Belanja di kementerian dan lembaga. Dana Transfer ke daerah diantaranya diberikan dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (Fisik) serta dana desa.

Ia menyebutkan Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) yang diberikan Kementerian Keuangan untuk belanja kementerian dan lembaga, dana  transfer serta dana desa di Provinsi Papua Barat tahun 2019 meningkat menjadi Rp.28,34 triliun. Sebanyak Rp.7,3 triliun diberikan kepada Kementerian Lenbaga, sisanya untuk pemerintah daerah.

"Kami berharap ini bisa mendorong kemajuan Provinsi Papua Barat diberbagai bidang dan sektor. Melalui pembangunan dan pelayanan yang dilaksanakan pemerintah," katanya lagi.

Presiden Joko Widodo, kata Menteri, menginginkan agar pembangunan di daerah tidak hanya dilakukan untuk infrastruktur fisik. Infrastruktur sosial seperti pemberdayaan dan pembinaan sumber daya manusia juga harus dilaksanakan.

"Bapak presiden menginginkan, kualitas sumber daya manusia kita juga ditingkatkan, baik melalui pendidikan, kesehatan maupun jaring pengaman sosial. Ini yang menjadi salah satu prioritas presiden untuk tahun 2019," sebut Sri Mulyani.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan pihak swasta di seluruh daerah untuk memainkan peranya dalam membantu persoalan pemerintah, diantaranya menuntasan masalah angka pengangguran. Swasta juga diminta membantu pemerintah dalam mendorong kesejahteraan  masyarakat serta menggerakan perekonomian di pusat juga daerah.

"Roda perekonomian diseluruh daerah tidak bisa hanya bergantung dengan dana APBN. Swasta juga harus memainkan peranannya dalam menciptakan lapangan kerja dan sebagainya," ujar Sri Mulyani.

 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018