Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifudin meresmikan kantor unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Perwakilan Provinsi Papua Barat, Jumat.

Pada kegiatan tersebut, Lukman mengatakan, Kementerian Agama sejak tahun lalu telah meluncurkan sejumlah program unggulan, diantaranya pembentukan Unit PTSP di seluruh kantor perwakilan.

Saat ini, seluruh kantor wilayah di 34 Provinsi sudah memiliki PTSP. Di sejumlah provinsi, bahkan pembentukan sudah dilakukan hingga di kantor perwakilan tingkat kabupaten/kota.

"Ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kementerian Agama di seluruh wilayah. Alhamdulillah, di Papua Barat sudah terbentuk dan tadi pagi saya juga sudah meresmikan PTSP Kanwil Agama di Jayapura," kata Lukman.

Menteri Lukman menargetkan, pada tahun 2019 PTSP Kanwil Agama sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Kemudahan layanan akan segera dinikmati masyarakat di seluruh provinsi.

"Di Provinsi Papua, Unit PTSP sudah terbentuk di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Untuk Papua Barat, saya juga berharap PTSP segera ada di 13 kabupaten/kota," ujarnya lagi.

Ia berharap, kehadiran PTSP membuat layanan keagamaan di seluruh daerah menjadi lebih mudah, murah dan cepat. Selain itu, aplikasi berbasis dalam jaringan (daring) internet tersebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pelayanan.

Lukman memastikan, seluruh pelayanan yang diberikan di kantor Unit PTSP tidak ada pungutan liar (pungli) dalam bentuk apapun kepada masyarakat. 

"Kami berusaha hadir kepada masyarakat, mendekatkan pelayanan sehingga semua menjadi mudah dan lancar," pungkasnya.

Selain kantor Unit PTSP Kantor Wilayah Provinsi, pada kesempatan itu Lukman Hakim juga meresmikan sekaligus menandatangani prasasti tujuh Kantor Urusan Agama (KUA) serta Balai Nikah dan Manasik Haji distrik/kecamatan di sejumlah kabupaten.

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018