Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat menggelar Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2022, di Kota Sorong.

Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat Barnabas Dowansiba saat dihubungi dari Manokwari  mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kreativitas dan karakter siswa-siswi SMK.

"Tampil all-out sesuai kemampuan dan karakter masing-masing. Kalau sifatnya kelompok maka harus kompak," kata Dowansiba, Kamis.

Siswa-siswi yang memiliki nilai tertinggi pada seleksi tersebut akan diikutsertakan pada kegiatan nasional dan internasional.

"Penampilan dan penilaian yang diterima oleh siswa-siswi SMK akan menentukan hasil pada tingkat selanjutnya," ujar Dowansiba.

Peserta merupakan perwakilan dari SMK perwakilan kabupaten dan kota di Papua Barat, selanjutnya akan menjadi duta budaya Papua Barat di tingkat nasional.

"Ke depan menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bahkan bagi siswa itu sendiri sebagai pewaris seni di Papua Barat," tandas dia.

Dalam Seleksi FLS2N tahun ini terdapat enam jenis lomba yakni penyanyi solo, gitar solo, film pendek, monolog, tari tradisional, dan musik daerah.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022