Aktivitas bongkar muat barang menggunakan jasa armada kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 2 di Pelabuhan Sorong, Provinsi Papua Barat yang dilayani sekali sepekan hingga kini berlangsung lancar. 

Kepala Cabang PT Pelni (Persero) Sorong Muhammad Lutfi Israr Sutan di Sorong, Jumat, mengatakan komoditas pangan masih menjadi unggulan untuk diangkut dengan kapal Tol Laut melalui jalur Pelabuhan Sorong menuju daerah lain di Provinsi Papua Barat dan Papua.

"Aktivitas bongkar muat kapal Tol Laut yang sangat tinggi di Pelabuhan Sorong adalah komoditi beras dari Kabupaten Merauke," jelas Muhammad.
.
Adapun komoditas dari wilayah Kota Sorong yang dikirim ke daerah lain di wilayah Papua Barat maupun Papua yaitu hasil laut, terutama ikan segar dengan tujuan wilayah Timika dan Merauke.

Tidak itu saja, produk unggulan Kota Sorong yaitu kopi merek 'Kopi Senang' juga selalu dikirim ke berbagai daerah lain di wilayah Papua Barat maupun Papua menggunakan armada kapal Tol Laut dari Pelabuhan Sorong.

"Kami berharap ke depan lebih banyak komoditas dari Sorong dikirim ke luar daerah menggunakan jalur kapal Tol Laut sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Kapal tol laut yang singgah di Pelabuhan Sorong juga menyinggahi sejumlah tempat di wilayah pesisir selatan maupun utara Papua. Untuk rute selatan Papua, mencakup rute Sorong -- Kokas (di Kabupaten Fakfak) -- Timika di Kabupaten Mimika hingga pelabuhan akhir di Merauke. Ada juga rute Tol Laut langsung dari Sorong menuju Merauke.

Sedangkan untuk rute utara Papua yaitu dari Sorong menuju Jayapura. (*)

 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022