Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani melepas rombongan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang akan berangkat menuju Provinsi Sumatera Utara, Selasa (7/8).

Disaat yang sama wakil gubernur juga menerima kedatangan rombongan SMN dari Sumatera Utara yang sudah tiba di Manokwari pada Senin (6/8).

Pada kegiatan dilaksanakan di Manokwari ini, Lakotani mengimbau, peserta yang akan berangkat ke Sumut menjaga nama baik daerah selama berada di tempat tujuan.  Kenali budaya masyarakat setempat serta berperilaku sopan.

"Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Jadilah orang yang bisa memberi manfaat bagi orang di sekeliling kalian. Harus sopan, tapi juga jangan malu-malu sepanjang itu baik adanya," kata dia gubernur pada pelepasan dan penyambutan yang dirangkai dengan apel gabungan pegawai ini.

Bagi peserta dari Sumatera Utara, Lakotani menyampaikan selamat datang dan berharap rombongan betah di daerah yang kaya akan sumber daya mineral, keanekaragaman hayati serta pariwisata tersebut.

"Adik-adik tepat datang ke Papua Barat dan mengawalinya di Manokwari. Manokwari adalah tanah peradaban, jangan malu-malu anggap seperti rumah sendiri. Di sini orang tua kalian banyak karena banyak ASN (aparat sipil negara) dan pengusaha yang berasal dari Sumatera Utara," sebut gubnernur.

Ia mengutarakan, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki ribuan pulau dan disatukan oleh laut. Jumlah pulau kecil dan besar di Papua Barat lebih dari 1000.

"Saya mengapresiasi program Siswa Mengenal Nusantara. Mereka harus mengenal seluruh kekayaan ini sehingga bisa takjub dan timbul rasa cinta tanah air," katanya menambahkan.

Pelepasan dan penyambutan ini diakhiri dengan tarian adat baik dari Sumut maupun Papua Barat. Perwakilan Sumut memberikan kain ulos kepada wakil gubernur sebagai tanda kehangatan dan persaudaraan antara kedua provinsi tersebut.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018