Capaian program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Pegunungan Arfak paling rendah dari capaian vaksinasi  di 12 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat mencatat, hingga 9 Juli 2021 jumlah pekerja publik Kabupaten Pegunungan Arfak yang sudah disuntik vaksin COVID-19 hanya 5 (lima) orang atau 0,1 persen dari 4.490 orang yang ditargetkan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan di Manokwari, Minggu, mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 di provinsi itu mencatat kabupaten Pegunungan Arfak paling rendah.

Ia mengungkap bahwa dari target vaksinasi COVID-19 bagi 42 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Pegunungan Arfak, 34 orang sudah divaksin dosis pertama dan pada penyuntikan dosis ke dua hanya diikuti 27 orang saja.

"Vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) di Kabupaten Pegunungan Arfak masih nol (0) dari target 707 lansia, sedangkan untuk masyarakat umum baru 35 orang yang sudah divaksin dosis ke dua atau 0,2 persen dari target 20.484 orang," tutur Otto Parorongan.

Diketahui, program serbuan vaksinasi COVID-19 massal Pemerintah provinsi bersama TNI dan Polri belum terlihat adanya upaya pemetaan atau rencana aksi serbuan vaksinasi ke wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak.

Sementara kabupaten ini dapat diakses melalui jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari Kabupaten Manokwari ibu kota Provinsi Papua Barat. ***3***.

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021