Gubernur Papua Barat G=Dominggus mengimbau warganya agar tak bosan menerapkan protokol kesehatan meskipun vaksin COVID-19 telah ditemukan.

"Jangan bosan-bosan, karena protokol kesehatan adalah cara paling efektif untuk terhindar dari penularan COVID-19," ucap Dominggus di Manokwari, Sabtu.

Ia menyebutkan bahwa pemerintah pusat akan segera melakukan program vaksinasi termasuk di Papua Barat. Kendati demikian pemberian vaksin itu belum bisa dilakukan secara serentak bagi seluruh penduduk.

"Baru tenaga kesehatan dan petugas yang bekerja di rumah sakit. Pada tahap pertama belum bisa semua karena vaksin masih terbatas, maka protokol kesehatan masih wajib," ucap guberhur lagi.

Dominggus mengutarakan temuan kasus positif COVID-19 Papua Barat masih terus bertambah. Sejauh ini sudah 4.640 warga terpapar, 3.949 di antaranya berhasil sembuh dan 71 orang meninggal dunia.

"Pasien sembuh juga terus bertambah, tapi tetap kita harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau ditanya, siapa mau sakit, pasti tidak ada yang mau, maka terapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Dominggus menambahkan saat ini sembilan daerah di Papua Barat sedang melaksanakan tahapan Pilkada serentak, termasuk Kabupaten Manokwari.

Ia mengingatkan para kandidat dan seluruh tim sukses benar-benar menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan kampanye.

"Gubernur, Kapolda, Pangdam, KPU, Bawaslu seluruh kandidat sudah mendeklarasikan Pilkada tahun 2020 berjalan aman, damai, sehat, jujur, adil, bebas dan rahasia. Semua harus berkomitmen melaksanakan itu," katanya.

Dominggus berharap Pilkada tidak menjadi klaster atau kelompok penularan baru di Papua Barat.
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020