Manokwari(Antara Papua Barat)-Komite Nasional Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Barat akan terus memacu para atlet agar tampil sempurna pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 mendatang.
    
Ketua Umum KONI Papua Barat Abraham O Atururi  di Manokwari, Jumat mengatakan, KONI Papua Barat berdiri pada 25 Juni tahun 2005.
    
Dia menyebutkan, sejak berdiri KONI telah membawa atlet Papua Barat untuk berlaga pada tiga PON, yakni PON XVII di Samarinda, PON XVIII di Riau dan PON XIX di Bandung.
    
"Saya ingin atlet Papua Barat tampil sempurna pada PON XX di Provinsi Papua tahun 2020 mendatang," kata gubernur Papua Barat tersebut.
   
Abraham mengutarakan, olahraga nasional di Indonesia meliputi olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi. Masing-masing dikelola tiga lembaga yang berbeda yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Forum Olahraga Rekreasi (Formi) dan KONI.
     
"Kami ingin olahraga di Papua Barat terus berprestasi. Pemprov akan terus mendukung pengembangan olahraga melalui dana hibah," kata dia.
     
Dia berharap, KONI terus membina para atlet Papua Barat agar meningkatkan prestasi pada segala cabang olahraga. Purnawiran Marinir ini yakin olahraga prestasi membangun anak-anak Papua.  
    
"Saya sudah pernah rasakan sendiri, mencari ilmuan di Papua Barat susah, tapi kalau mancari olahragawan di Papua cukup banyak. Anak-anak Papua punya potensi besar dibidang olahraga," ujarnya lagi.
    
Untuk mengoptimalkan penampilan pada PON tahun 2020, pada Januari 2017 ia akan melantik pengurus KONI tiga Kabupaten Papua Barat.  Pada 2018 pemerintah Provinsi Papua Barat akan menggelar Pekan Olahraga Daerah untuk mempersiapkan atlet yang akan berlaga pada PON XX.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2016