Wasior, (Antaranews Papua Barat) -  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, meluncurkan aplikasi statistik berbasis android untuk mempermudah masyarakat mengakses data.

"Aplikasi ini kami beri nama WHAW atau Wandamen Hafal Angka Wondama. Bisa diakses melalui smartphone android," kata Kepala BPS Kabupaten Teluk Wondama Demotekay Constantinus Karel, Selasa.

Ia menjelaskan, WHAW merupakan cara  BPS mengajak masyarakat terutama Pemda dan instansi daerah di Wondama untuk lebih peduli dengan peningkatan kualitas data juga koordinasi dan konsistensi data.

Dengan mengunduh aplikasi ini  ke telepon pintar, kata dia, masyarakat dengan mudah mengetahui data BPS maupun non BPS kapanpun diperlukan tanpa harus mencari dalam buku atau datang ke kantor BPS.
 
Pengguna dapat menyimpan WHAW dan mengaksesnya di manapun berada  sehingga data yang sulit dihafalkan dapat diketahui dengan cepat dan gampang.

"Kalau bapak Ibu mau perlu nanti tinggal diinput ke smartphone, di manapun bapak ibu berada, tidak usaha pusing tapi langsung di handphone saja,"kata Karel.

WHAW, lanjutnya, juga menampilkan definisi dari beberapa data dan membuat perbandingan dengan data serupa di tingkat provinsi Papua Barat maupun nasional.

"Bagaimana IPM Wondama kita bandingkan dengan kabupaten tetangga misalnya Manokwari atau daerah lain, bisa. Juga tersaji data dari kabupaten lain di Provinsi Papua Barat," terang Karel lagi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Metusalak Boseren menilai WHAW sangat membantu dalam membaca tren data terutama untuk perencanaan program dan kegiatan.

“Pada saat kita membutuhkan data yang kita butuhkan sudah bisa keluar hanya dengan HP saja. Jadi sangat membantu kita, saat kita di luar Wondama, kita tinggal klik saja sudah keluar," ujar Boseren. (*) 

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018