Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dan Matret Kokop resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada serentak 2020 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Pendaftaran pasangan Piet-Matret di KPU kabupaten Teluk Bintuni, Minggu (6/9), disaksikan oleh ribuan warga masyarakat yang datang dari berbagai wilayah kabupaten penghasil gas bumi tersebut.

Para pendukung ini berasal dari berbagai distrik di Teluk Bintuni, mereka hadir untuk mengikuti proses pendaftaran Pasangan Piet Matret sekaligus memberi doa restu kepada kedua tokoh yang dinilai merakyat ini.

Sepanjang jalan, mereka meneriakkan yel-yel Piet - Matret dua Periode, dengan mengangkat dua jari sebagai simbol dilanjutkannya pembangunan dua periode di Negeri Sisar Matiti.  

Tampak sepanjang jalan, kibaran bendera Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem dan Partai Demokrat. Tak hanya itu, konstituen Partai Non Seat, PKB, PBB, Berkarya dan Partai PKPI hadir memberikan doa restu dan memberikan dukungan  kepada pasangan Piet Matret. 

Petrus Kasihiw dan Matret Kokop yang kerap dikenal sebagai pasangan Piet-Matret adalah petahana yang mendaftar tepat di hari terakhir pendaftaran. Didampingi ketua-ketua partai pendukungnya, semua berkas administrasi dan kelengkapan Piet-Matret secara resmi diterima oleh Herry Arius Salamahu selaku ketua KPU Teluk Bintuni.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas, dokumen pasangan Piet - Matret dinyatakan memenuhi syarat sesuai dengan PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

Selanjutnya sesuai tahapan, penetapan pasangan Bakal Calon menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni 2020-2024 direncanakan akan diumumkan pada tanggal 23 September 2020 mendatang. 

Konsultan politik pasangan Piet-Matret, Yohanes Akwan, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa Piet-Matret telah menerima berita acara dari KPU untuk mengikuti tahapan selanjutnya. "Amin, berkas Pak Piet  dan Pak Matret sudah diterima, kini mereka siap untuk mengikuti tahapan selanjutnya," ujar Konsultan Politik Pasangan Piet Matret ini via pesan WahtasAp. 

Resmi diusung oleh Partai Nasdem, PDIP, Golkar, Demokrat, Piet-Matret total didukung oleh 14 kursi di DPRD setempat. Sedangkan Partai Amanat Nasional yang semula memberikan rekomendasi kepada pasangan ini, tidak tampak hadir untuk mengantar.

Petrus Kasihiw pada saat konferensi pers mengatakan akan mengembalikan segala polemik di tubuh partai untuk diselesaikan secara internal. Hal ini berkait dengan tidak hadirnya PAN serta adanya tindakan yang dianggap insubordinansi oleh kader partai Golkar di tingkat daerah.

“Satu partai yang memang tidak ada konfirmasi yaitu, Partai Amanat Nasional dan kami akan kembalikan, artinya bertanya kepada DPP PAN sesuai dengan rekomendasi yang diberikan kepada kami. Pada hari ini mereka tidak hadir. Tapi dari hasil verifikasi tadi, sudah dipastikan bahwa 14 kursi dari partai pengusung, yaitu Nasdem 7 kursi, Golkar 5 kursi, PDIP 1 kursi dan Demokrat 1 kursi,” ujar Petrus kepada wartawan.

Sedangkan mengenai polemik yang terjadi di tubuh partai Golkar di tingkat daerah dan cabang, Wasekjen Partai Golkar, Derek Loupatty mengatakan mengambil alih kewenangan partai Golkar mengenai rekomendasi dan dukungan kepada Piet-Matret, sesuai dengan perintah DPP.

“Masalah internal partai, sementara akan kita selesaikan, kami ditugaskan untuk mengambil alih, pendaftaran yang harusnya kita bersama-sama dengan partai koalisi pada hari ini. Menyangkut hal-hal internal, pada prinsipnya, kami akan melakukan konsolidasi. Bagi kader Golkar khususnya, tetap taat azas. Bagi yang tidak melaksanakan keputusan DPP, akan ada sanksi tersendiri,” ungkap Derek.

Pernyataan ini menjadi garis pembatas yang digambar oleh DPP Partai Golkar mengenai perbuatan Alfons Manibuy dan Amin Ngabalin yang diduga sengaja melanggar perintah partai untuk mendukung paslon yang tidak sesuai rekomendasi dari DPP Partai Golkar.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020