Sorong, (Antaranews Papua Barat) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di wilayah Kodim 1704/Sorong diwujudkan melalui penyuluhan bela negara bagi masyarakat Kampung Sailala, Distrik Sayosa Timur, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

"Penyuluhan bela negara itu merupakan salah satu kegiatan nonfisik pelaksanaan Program TMMD ke 101 wilayah Kodim 1704/Sorong," kata Dansatgas TMMD Letkol Inf Andar Dodianto Pangabean di Sorong, Rabu.

Dia mengatakan bahwa penyuluhan bela negara bagi masyarakat Kampung Sailala dilakukan oleh Kapten Inf Muchlison Efendi guna memberikan pemahaman kehidupan kebangsaan kepada masyarakat setempat.

Penyuluhan itu, kata dia, penting bagi masyarakat agar mengetahui bahwa sebagai warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

"Masyarakat di kampung terutama pemuda perlu mengetahui bahwa mereka berkewajiban membela negara apabila negara terancam," ujarnya.

Kapten Inf Muchlison Efendi yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa membela Negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa di wujudkan dengan cara lain seperti halnya diplomasi untuk mengkonter isu-isu negative tentang NKRI.

Selain itu, bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban, cinta  tanah air, melestarikan lingkungan, sadar berbangsa dan bernegara serta membina kerukunan, mencintai budaya bangsa dan produk dalam negeri, menghargai lagu kebangsaan, menghormati bendera merah puti, sudah termasuk membela Negara.

Kepala Kampung Sailala Yohanis Malamuk mengatakan merasa bangga melihat warganya begitu antusias mengikuti penyuluhan bela Negara dari tim satgas TMMD.

"Penyuluhan bela Negara ini sangat bermanfaat bagi Masyarakat kampung sailala sehingga dapat melakukan dalam kehidupan sehari-hari guna menjaga situasi tetap aman dan tertib dalam pelaksanaan pembangunan daerah demi mencapai kesejahteraan," katanya.(*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018