Wasior, (Antaranews Papua Barat) - Pemerintah kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, berencana menambah mobil pemadam kebakaran untuk memperkuat armada pemadam kebakaran yang ada saat ini.

Seiring dengan perkembangan daerah, wilayah di Teluk Wondama terutama kota Wasior dan sekitarnya kini semakin padat. Banyak pemukiman baru tumbuh sehingga potensi terjadinya kebakaran diprediksi semakin besar. Untuk itu menurut Wakil Bupati Paulus Indubri di Wasior, Rabu, armada pemadam kebakaran harus diperkuat.

"Kita harap tahun ini atau tahun depan kita tambah satu armada lagi juga fasilitas penunjang kita siapkan. Kita akan dekatkan damkar ini ke pusat kota supaya kalau ada kejadian tertentu pergerakan mereka cepat," kata Indubri.

Sejauh ini armada damkar milik pemerintah daerah hanya satu unit dan baru difungsikan sekitar satu bulan. Sedikitnya 20 personil Satpol PP telah dipersiapkan menjadi petugas pemadam kebakaran .

Selain butuh pelatihan lanjutan untuk meningkatkan keterampilan petugas damkar, Sekretaris Dinas Satpol PP Farouk N. Adji berharap petugas damkar juga dibekali fasilitas yang memadai mengingat pekerjaan sebagai petugas damkar memiliki resiko yang tinggi.

"Sekarang pakaian safety untuk damkar belum ada. Jadi kami mohon ini bisa jadi perhatian. Tapi dengan keterbatasan yang ada kita jalan saja,"kata dia (*)

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018