Harga bawang merah di Pasar tradisional Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, sepekan ini mengalami kenaikan hingga mencapai Rp100.000 per kilogram.

Pedagang di Pasar Remu Kota Sorong, Rabu, menawarkan satu kilogram bawang merah seharga Rp100.000 per kilogram atau naik Rp50.000 dari harga sebelumnya Rp50.000.

Hady pedagang di Pasar Remu Kota Sorong menjual satu kilogram bawang merah seharga Rp100.000 karena stok semakin berkurang. Sedangkan harga bawang putih normal Rp40.000 per kilogram karena stok melimpah.

Menurut dia, stok bawang merah semakin berkurang di kota Sorong karena jadwal kapal barang yang tidak menentu akibat pembatasan wilayah.

Selain itu, kata dia, beberapa daerah penghasil bawang merah seperti Enrekang Sulawesi Selatan telah berlalu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mengurangi penyerapan virus Corona sehingga petani disana kesulitan mengirim hasil panen.

"Sedangkan bawang putih banyak stok impor sehingga harga tetap stabil bahkan sepekan ini menurun dari Rp50.000 menjadi Rp40.000," kata dia.

Meskipun harga bawang merah naik hingga Rp100.000 per kilogram namun masyarakat tetap membeli karena bawang merah adalah bumbu penyedap setiap masakan.

Linda warga Kelurahan Klagete yang ditemui di Pasar Remu, Rabu, mengakui bahwa kaget dengan kenaikan harga bawang merah hingga Rp 100.000 per kilogram.

"Mau apa lagi mas, kalau tidak beli bawang merah masakan tidak enak jadi meskipun harga naik tetap beli," ujarnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020