Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Ratusan Prajurit TNI dari Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari serta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah Provinsi Papua Barat berjibaku membersihkan Pulau Mansinam Manokwari.

"Ada lebih dari 250 personil yang kami turunkan, dari Kodam sendiri, Batalyon dan Kodim 1703 Manokwari,"kata Asisten Teritorial Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi M Ali di sela kerja bakti teraenut, Jumat.

Ia mengutarakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak bersama pemerintah Provinsi Papua Barat, organisasi pemuda serta organisasi masyarakat yang lain yang berbasis di Manokwari.

Pelibatan TNI, kata Andi Ali, sebagai bentuk keikutsertaan Kodam membantu panitia dan masyarakat menyambut HUT PI. Dia berharap,masyarakat dapat mengikuti ibadah syukur secara baik dan lancar pada Senin 5 Februari 2018.

Pulau Mansinam merupakan saksi mata atas sejarah awal peradaban Injil di tanah Papua. Pada 5 Februari 1885 lalu dua orang missionaris dari Jerman yakni Ottow dan Geisler menginjakan kaki di pulau tersebut.

Sejak saat ini, ajaran Injil mulai masuk dan menyebar luas ke seluruh antero tanah Papua. Ulang tahun Pekabaran Injil selalu ramai di rayakan setiap 5 Februari.

Ketua Panitia Ulang Tahun Penjabaran Injil Bons Rumbruren mengaoresiasi kehadiran jajaran TNI dan ASN Papua Barat yang telah bersama-sama panitia dan masyarakat membersihkan Pulau Mansinam.

Bons mengatakan,perayaan HUT PI tak hanya dihadiri tamu dari Papua dan Papua Barat. Tamu dari luar daerah dan luar negeri pun akan hadir pada kegiatan tersebut.

"Manunggal TNI dan masyarakat sangat diharapkan untuk membersihkan,mengamankan dan menjaga pulau beradaban orang Papua ini,’’ tuturnya.

Pada perayaan ini, cicit dari Otto dan Geisler akan hadir pada perayaan. Keduanya diperkirakan tiba di Manokwari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (3/2).

"Kami sudah siapkan akomodasi penginapan untuk beliau berdua," pungkasnya.***1***

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018