Realiasi APBD memiliki peran besar dalam menggerakan perekonomian masyarakat, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat, Donny Heatubun.

Ditemui di Manokwari, Minggu, Donny berharap realisasi kegiatan dan anggaran pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota di Papua Barat pada tahun 2020 lebih cepat.

"Realisasi APBD punya peran besar dalam menggerakan ekonomi wilayah. Kegiatan apa pun yang dilaksanakan pemerintah pasti akan berdampak positif bagi perekonomian di wilayah setempat," kata Donny.

Ia berharap, pada triwulan pertama tahun 2020 sudah ada kegiatan pemerintah yang terealisasi baik proyek konsatruksi maupun pengadaan barang serta jasa lainya. Hal ini patut menjadi perhatian pemerintah daerah dalam rangka mendorong perputaran uang di masyarakat.

"Peranya sangat besar, begitu belanja pemerintah terjadi sektor usaha akan tumbuh. Perputaran uang ini yang akan membuat usaha masyarakat bergerak, usaha retail, bidang jasa dan lain sebagainya," sebut Donny lagi.

Donny optimistis, realisasi pertumbuhan ekonomi Papua Barat pada tahun 2020 akan jauh lebih baik dibanding 2019. Ia juga yakin, inflasi dapat dikendalikan secara baik.

"Tahun ini kita tumbuh melambat dibanding tahun lalu yang mencapai lebih dari 6 persen. Proyeksi kami pertumbahan ekonomi Papua Barat tahun 2019 akan berada dibawah 4 persen, tapi nanti di tahun 2020 kami yakin berada diatas 4 persen," ujarnya.

Pada sektor nonminyak dan gas bumi, Donny berharap pemerintah daerah mendorong optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam. Potensi perikanan, perkebunan, kehutanan dan pertanian masih sangat besar untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Industri pengolahan pun perlu didorong untuk memberikan nilai tambah yang lebih tinggi serta dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja di daerah tersebut

"Sektir pariwisata kita pun masih sangat potensial. Saat ini belum optimal karena keterbatasan infrastruktur serta fasilitas penunjang lainya," sebutnya.

Pembangunan dan penguatan infrastruktur dasar meliputi energi, transportasi, dan komunikasi juga harus terus dilakukan. Dalam jangka menengah hingga panjang hal ini dapat memberi membuka peluang bagi perekonomian. 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019