Manokwari(ANTARA)-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis, memantau arus mudik hari raya Natal di Pelabuhan Manokwari, Papua Barat,

Ditemui disela-sela kunjungan tersebut, Budi mengatakan arus penumpang di pelabuhan Manokwari relatif lancar. Kapal yang disiapkan PT Pelayaran Indonesia sudah mampu mengatasi lonjakan penumpang di daerah tersebut.

"Yang saya dengar di Ambon, ada kekurangan kapal. Tapi sekarang sudah ada penambahan tiga kapal kepadatan sudah menyusut," katanya.

Kedatangan Menteri bertepatan dengan jadwal kapal KM Tidar yang saat itu berlabuh di pelabuhan tersebut. Pada kesempatan itu menteri pun menyempatkan waktu untuk naik ke kapal dan menyapa para penumpang.

Budi berharap, selurug operator pelabuhan serta kapal memberikan pelayanan secara baik kepada para penumpang.

"Ini tidak sekedar mencari makan, kita bekerja melayani masyarakat. Masyarakat harus nyaman atas pelayanan yang kita berikan," ujarnya.

Kepala Kantor PT Pelni Cabang Manokwari Arief Saleh pada wawancara terpisah mengemukakan, arus mudik cukup lancar meskipun ada pelonjakan jumlah penumpang dibanding hari-hari sebelumnya.

Pada masa arus mudik Natal ini, pihaknya menambah satu kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Peningkatan jumlah penumpang di Manokwari mencapai 50 persen. Namun sekarang masih cukup lancar," katanya

Menjelang hari Raya Natal 2016, beberapa hari kedepan masih akan ada lagi Kapal yang singgah di Manokwari. Pihaknya memprediksi jumlah penumpang akan naik signifikan.

"Saat ini sudah 700 tiket terjual. Kapal tiba tanggal 23, masih ada beberapa hari tentu masih akan bertambah," sebutnya.***

Pewarta: Toyiban

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2017